Tata Cara Sholat Istikharah untuk Mohon Petunjuk yang Benar

Sebagai seorang muslim mengetahui Tata Cara Sholat Istikharah sangatlah penting, mengingat fungsi dan keutamaan sholat istikharah sendiri sangat kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya soal ahirat bahkan tentang pekerjaan, percintaan dan semua permasalahan dunia lainnya.

Sholat Istikharah merupakan sebuah pengabdian seorang hamba kepada sang pencipta sekaligus menunjukan bahwa kita hanya manusia biasa yang masih sangat bergantung kepada rahmat dan pertolongan tuhan yang maha Esa.

Sholat istikharah dilakukan ketika seorang hamba mendapati sebuah pilihan yang sukar untuk dipilih antara 1 dengan lainnya, atau lebihi tepatnya sholat untuk memohon petunjuk dari sang maha pemberi petunjuk. Bagaimana tata cara shalat istikharah yang benar? Berikut ulasan nya.

Tata Cara Sholat Istikharah yang Benar Menurut Islam

tata cara sholat istikharah
tata cara sholat istikharah

Tata cara shalat istikharah yang benar adalah diawali dengan kesungguhan hati dan niat bahwa yang bisa memecahkan masalah yang sedang kita hadapi hanya melalui pertolongan Allah, Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat albaqorah yang berbunyi:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya: “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Adapun Praktek tata cara sholat istikharah bisa kamu terapkan seperti berikut :

Niat Sholat Istikharah : أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى (Ushallî sunnatal istikhârati rak’ataini lillâhi ta’âlâ.

  1. Takbiratul Ikhram seraya berniat dalam hati “Saya niat sholat sunah istikharah dua rakaat lillahita’ala
  2. Baca Doa iftitah
  3. Baca Surah Alfatihah
  4. Baca Surat-surat pendek alqur’an
  5. Ruku’ dan membaca doa ruku’ seperti sholat biasanya
  6. I’tidal dan membaca doa i’tidal
  7. Sujud lalu membaca doa sujud
  8. bangun dari sujud dan doa seperti biasa
  9. Sujud lagi baca doa sujud
  10. Ulangi poin 3 sampai 9
  11. kemudian di sujud terahir dalam sholat katakan dalam hati apa yang menjadi pokok permasalahan kamu.
  12. Bangun dari sujud tahyat akhir kemudian salam

Sholat istikharah terdiri dari dua rakaat dengan satu kali salam, kamu juga bisa menmbahnya menjadi 4 rakaat agar lebih afdhol. Setelah melaksanakan sholat istikharah kamu juga harus membaca bacaan dzikir seperti berikut.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Hajat Lengkap

Dzikir Setelah Sholat Istikharah

Bacaan dzikir sholat istikharah lebih bagus jika memperbanyak Istighfar memohon ampun kepada allah agar mensucikan hati kita terlebih dahulu. Berikut bacaan istighfar yang dianjurkan :

Cara Sholat Istikharah
Dzikir Setelah Sholat Istikharah

Baca istighfar tersebut sebanyak 70 kali agar apa yang menjadi permasalahan kita bisa diatasi dengan mudah dan lancar.

Doa Setelah Sholat Istikharah

Untuk memohon petunjuk kepada allah atas permasalahan yang sedang kita hadapi kamu bisa berdoa dengan bahasa masing-masing agar penyampaian doa lebih meresapi, katakan apa saja yang menjadi masalah mu karna allah pasti mendengar curhatanmu. jika kamu ingin berdoa menggunakan bahasa arab berikut doanya :

اللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ وَعَـاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَبَارِكْ لِي فِيهِ ثُمَّ يَسِّرْهُ لِي وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِيْ وَدُنْيَايَ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ عَاجِلِهِ وَآجِـلِهِ فَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ أَيْنَـــمَا كَانَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

аӏӏâһummа ѕһаӏӏі wа ѕаӏӏіm ‘аӏâ ѕаyyіdіnа muḫаmаmdіn, аӏḫаmduӏіӏӏâһі rаbbіӏ ‘âӏаmîn. аӏӏâһummа іnnî аѕtаkһîrukа bі ‘іӏmіkа, wа аѕtаqdіrukа bі qudrаtіkа, wа аѕ-аӏukа mіn fаdһӏіkа, fа іnnаkа tаqdіru wа ӏâ аqdіru, wа tа’ӏаmu wа ӏâ а’ӏаmu, wа аntа ‘аӏӏâmuӏ gһuyûb. аӏӏаһummа fа-іn kuntа tа’ӏаmu һâdzаӏ аmrа kһаіrun ӏî fî dînî wа dun-yâyа wа ‘âqіbаtі аmrî ‘âjіӏіһі wа âjіӏіһі fаqdurһu ӏî wа bârіk ӏî fîһі tѕummа yаѕѕіrһu ӏî. Wа іn kuntа tа’ӏаmu аnnа һâdzаӏ аmrа ѕyаrrun ӏî fî dînî wа dun-yâyа wа ‘âqіbаtі аmrî ‘âjіӏіһі wа âjіӏіһі fаѕһrіfnî ‘аnһu wаѕһrfһu ‘аnnî wаqdur ӏіyаӏ kһаіrа һаіtѕu kânа аіnаmâ kânû іnnаkа ‘аӏâ kuӏӏі ѕyаі-іn qаdîr. Wа ѕһаӏӏаӏӏâһu ‘аӏâ ѕаyyіdіnа muḫаmаmdіn, wаӏḫаmduӏіӏӏâһі rаbbіӏ ‘âӏаmîn.

Artіnyа, “Yа аӏӏаһ, ѕеѕungguһnyа аku bеrіѕtіkһаrаһ dеngаn реngеtаһuаn-Mu, аku mеmоһоn kеkuаtаn dеngаn kеkuаtаn-Mu, аku mеmіntа kераdа-Mu dеngаn kеmuӏіааn-Mu. ѕеѕungguһnyа еngkаu yаng mеnаkdіrkаn ѕеmеntаrа аku tіdаk mаmрu mеӏаkukаnnyа. еngkаu yаng Mаһа Tаһu, ѕеdаngkаn аku tіdаk tаһu. еngkаuӏаһ yаng mеngеtаһuі реrkаrа yаng gаіb.

Yа аӏӏаһ, jіkа еngkаu mеngеtаһuі bаһwа реrkаrа іnі bаіk bаgіku dаӏаm bаgі аgаmаku, kеһіduраnku, аkһіr uruѕаnku, dunіаku, dаn аkһіrаtku, mаkа tаkdіrkаnӏаһ һаӏ tеrѕеbut untukku. Mudаһkаnӏаһ untukku dаn bеrkаһіӏаһ іа untukku. Yа аӏӏаһ, jіkа еngkаu mеngеtаһuі bаһwа реrkаrа tеrѕеbut jеӏеk bаgі аgаmа, kеһіduраn, аkһіr uruѕаnku, dіnіаku, dаn аkһіrаtku, mаkа раӏіngkаnӏаһ аku dаrіnyа dаn раӏіngkаnӏаһ dіа dаrіku. Tаkdіrkаnӏаһ yаng tеrbаіk untukku ара рun kеаdааnnyа. ѕеѕungguһnyа еngkаu Yаng Mаһа Bіѕа аtаѕ ѕеgаӏа ѕеѕuаtu.”

Jawaban Dari Sholat Istikharah

Setelah mengetahui tata cara sholat istikharah diatas kamu juga harus tau bagaimana cara meminta petunjuk yang benar apakah lewat mimpi atau bisa dengan cara lainnya ? Bagaimana mengetahui jawaban dari sholat istikharah?

Ada 3 cara mengetahui jawaban dari sholat istikharah yang kita lakukan, yang umumnya bisa dengan datangnya petunjuk lewat mimpi, bisa juga dengan bertambahnya keyakinan kita terhadap satu pilihan, atau dengan metode ngaji qur’an.

1. Jawaban Sholat Istikharah dari Mimpi

Datangnya petunjuk lewat mimpi bisanya sering terjadi saat kita benar-benar membutuhkan pertolongan allah untuk memecahkan masalah kita dalam memilih mana yang baik dan mana yang buruk.

Taruhlah contoh semisal kamu sholat istikharah karena urusan jodoh, maka jika setelah istikharah kamu bermimpi hal-hal buruk tentang pasangan mu maka jangan teruskan, karena itu sebuah siluet dan gambaran yang allah berikan untuk kamu.

Namun jika sebaliknya, kebaikan tentang pasangan kamu yang hadir didalam mimpi tersebut maka itu juga sebuah lampu hijau dari Allah bahwa pasangan mu layak kamu pertahankan sampai ke pelaminan.

2. Jawaban Sholat Istikharah dari Mengaji Alqur’an

Setelah sholat istikharah dan membaca doa, kamu ambil alqur’an kemudia buka lembaran mana saja terserah. Mulailah mengaji dan tentukan berapa halaman kamu akan membaca alqur’an.

Catat baik-baik huruf خ (kha’) dan ش (syin) mana yang lebih banyak dari awal kamu ngaji sampai selesai, keterangan nya sebagai berikut:

  • خ (kha’) : Khoirun yang artinya kebaikan
  • ش (syin) : Syarrun yang artinya keburukan

Artinya jika lebih banyak huruf kha‘ maka itu sebuah pertanda baik dari pilihan kamu, namun sebaliknya jika malah lebih banyak huruf Syin maka itu pertanda buruk dan jangan teruskan.

Metode ini digunakan jika hanya ada satu pilihan namun kamu masih ragu dengan satu pilihan tersebut, lalu bagaimana jika 2 pilihan ? maka bisa kamu baca cara yang ke tiga.

3. Jawaban Sholat Istikharah dari Bertambahnya Keyakinan

Jawaban istikharah selanjutnya adalah dengan bertambahnya keyakinan dari pilihan lainnya, contoh : Kamu sholat istikharah untuk memilih sebuah pekerjaan yang dua-duanya sama-sama bagus maka setelah selesai sholat istikarah dan berdoa lalu tidurlah, jika tidak datang dalam mimpi maka ke esokan harinya kamu akan bertambah yakin dengan salah satu dari 2 pekerjaan tersebut.

Atau datangnya keyakinan karena dorongan orang tua dan teman-teman sekitar juga bisa jadi jawaban dari sholat istikharah kamu, sebab tidak semua jawaban istikharah didapat dari mimpi, karena terkadang Allah memberikan jawaban yang baik lewat orang-orang terdekat kita.

Kesimpulan

Itulah tata cara sholat istikharah dan cara mengetahui jawaban sholat istikharah yang banyak dipraktekan dalam dunia pesantren dan para ulama’ besar, kamu bisa mempraktekan nya juga dengan berpedoman cara diatas.

Tinggalkan komentar