5 Fase Hidup Manusia Dalam Islam yang Penting Diketahui Umat Muslim

5 Fase Hidup Manusia Dalam Islam yang Penting Diketahui Umat Muslim

Diposting pada

Cintailahi.com – Fase Hidup Manusia dalam Islam Seperti yang sudah diketahui, setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian begitu pun manusia. Alam dunia merupakan tempat persinggahan bagi makhluk Allah SWT.

Berbicara mengenai kehidupan manusia, bahkan fase hidupnya pun sudah tertulis lengkap di dalam Al-Quran. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai fase hidup manusia dalam Islam yang penting untuk diketahui.

Fase Hidup Manusia Dalam Islam yang Penting Diketahui
Fase hidup manusia dalam Islam

Selain kisah, kehidupan sehari-hari, surga dan neraka, dalam Al-Quran juga tertulis mengenai fase hidup manusia. Fase ini sangat penting diketahui oleh umat muslim agar meyakini isi dalam Al-Quran itu sendiri.

Selain itu banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dengan mengetahui fase-fase tersebut. Berikut ini fase hidup manusia dalam Islam yang tercantum dalam Al-Quran dan penting diketahui oleh umat muslim.

1. Alam Ruh

Fase hidup manusia dalam Islam dimulai dar alam ruh. Dalam Al-Quran terdapat beberapa ayat yang membahas mengenai penciptaan ruh manusia. Adapun beberapa surat tersebut di antaranya QS. Shad ayat 71 sampai 72.

Dalam ayat tersebut dijelaskan jika Allah menciptakan ruh sebelum jasad itu terbentuk. Bisa dibayangkan betapa banyaknya ruh yang Allah SWT ciptakan sebelum ditiupkan ke dalam jasad manusia. Dan mengenai ruh ini, sesungguhnya manusia tidak memiliki pengetahuan tentang ruh.

Jika pun ada hanya sedikit sekali pengetahuan tentang ruh dan ranah tersebut merupakan rahasia Allah SWT. Setelah ruh diciptakan, kemudian manusia akan mengalami suatu masa di mana ia merupakan sesuatu yang tidak dapat disebutkan.

2. Alam Janin

5 Fase Hidup Manusia Dalam Islam yang Penting Diketahui Umat Muslim
(alam kubur atau alam barzakh)

Setelah alam ruh, fase hidup manusia selanjutnya adalah alam janin. Di mana manusia mulai terbentuk secara fisik di dalam rahim seorang ibu. Janin tersebut berasal dari air mani dan tersimpan kokoh di dalam rahim.

Kemudian janin mengalami proses perkembangan di dalam rahim dan dibentuk sesuai dengan kehendak Allah SWT. Selain itu Allah SWT juga menyempurnakan tubuh manusia dengan sebaik-baik bentuk. Setelah terbentuk, barulah Allah SWT meniupkan ruh ke dalam janin.

3. Alam Dunia

Setelah sekitar 9 bulan berada di alam rahim, maka lahirlah manusia ke alam dunia dalam keadaan polos dan suci tanpa membawa apa pun. Fase ini juga dikenal dengan fase alam dunia yakni fase ketiga kehidupan manusia.

Di alam dunia ini, manusia akan mengenal fenomena kehidupan dunia dan lalai tentang pengetahuan akhirat. Perlu diketahui jika kehidupan alam dunia ini hakikatnya untuk menentukan tempat di akhirat kelak.

Dalam Al-Quran sendiri, manusia diciptakan Allah SWT sebagai Khalifah di muka bumi dan diperintahkan untuk beriman kepada Allah SWT dan melakukan amal ma’ruf nahi munkar. Penciptaan manusia sendiri bukanlah suatu yang main-main, namun setiap manusia akan diminta pertanggungjawaban di akhirat kelak.

Namun kebanyakan manusia tidak menyadari jika hidup ini hanya lah sementara. Sehingga banyak di antara kita yang masih lalai dan menganggap jika akan hidup selamanya. Padahal hitungan hari di akhirat kelak jauh lebih lama dibandingkan di alam dunia.

Padahal kematian selalu mengintai manusia setiap harinya. Saat ajal tiba barulah manusia sadar jika kehidupannya di dunia ini sungguh penting untuk membantunya nanti di akhirat.

4. Fase Alam Kubur atau Alam Barzah

5 Fase Hidup Manusia Dalam Islam yang Penting Diketahui Umat Muslim
(alam kubur atau alam barzakh)

Fase hidup manusia dalam Islam yang selanjutnya adalah fase alam kubur atau alam barzah. Setelah manusia mengalami kematian atau bertemu dengan ajal kemudian di kubur, manusia akan memasuki alam barzah.

Dalam konteks kehidupan manusia, alam barzah ini merupakan alam di antara alam dunia dan akhirat. Di mana suatu alam yang dialami oleh manusia saat bertemu ajal hingga datangnya hari kiamat.

Dalam Al-Quran, alam barzah juga disebut dengan dinding pemisah antara alam dunia dan alam akhirat. Saat berada di alam barzah, orang-orang yang mendustakan agama Allah SWT akan mendapatkan siksaan atau yang dikenal dengan azab kubur.

Sedangkan bagi orang yang selama hidupnya taat kepada perintah Allah SWT akan mendapatkan nikmat kubur. Di mana kedua kondisi tersebut akan dialami mayit atau ahli kubur hingga nanti datangnya hari kiamat.

5. Fase Alam Akhirat

Adapun fase hidup manusia dalam Islam yang terakhir adalah fase alam akhirat. Fase ini diawali dengan hari kiamat di mana malaikat akan meniup sangkakala untuk membangunkan para arwah di alam kubur.

Selanjutnya semua akan bangun dan bergegas pergi ke padang mahsyar untuk mengetahui timbangan amal perbuatan mereka semasa hidup. Setelah itu akan melewati jembatan siratal mustakim. Jika terjatuh saat melewati jembatan itu, maka harus merasakan siksaan neraka yang amat pedih. Namun jika berhasil melewati jembatan itu maka akan merasakan nikmat surga.

Itulah fase hidup manusia dalam Islam yang penting diketahui umat muslim.