ciri manusia munafik

6 Ciri Manusia Munafik dalam Islam, Harus Waspada!

Diposting pada

Ciri manusia munafik terkadang tanpa kita ketahui muncul dalam diri begitu saja. Tidak ada yang mau tergolong dalam orang-orang munafik, sebab tempatnya adalah neraka dan tidak akan memasuki surga.

Kadang pula orang-orang munafik ini berada di sekitar kita, bahkan menjadi teman terdekat. Harus berhati-hati, karena orang munafik yang kita beri kepercayaan bisa berkhianat atau berbuat diluar ekspektasi.

Terkadang saat berada di depan mata bersikap baik, namun bermuka dua di belakang. Orang-orang dengan ciri manusia munafik dalam islam ini penting sekali untuk dihindari dan usahakan kita tidak menjadi bagian dari golongan tersebut.

Ciri Manusia Munafik dalam Islam
ciri manusia munafik

Orang munafik dalam  terminologi islam yakni merujuk pada orang yang seringkali berpura-pura mengikuti ajaran agama islam tapi hatinya memungkiri atau ingkar. Atau dalam Al-Quran surah Al-Munafiqun ayat 1-3, ini merujuk pada orang yang tidak beriman tapi pura-pura beriman.

Dan dalam agama islam, munafik itu merupakan perbuatan tercela dan akan mendapatkan dosa besar jika dilakukan. Sebenarnya bukan hanya dalam islam, tapi agama lain pun tidak membenarkan sifat ini.

Kehadiran sifat ini akan menguasai hati serta pikiran manusia hingga membuat sifat satu ini melekat. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui apa saja ciri manusia munafik dalam islam itu sendiri. Ciri berikut ini sesuai dengan hadits yang Rasulullah sampaikan.

1. Bohong

6 Ciri Manusia Munafik dalam Islam, Harus Waspada!
(Bohong; ciri orang munafik)

Untuk ciri yang pertama adalah bersikap bohong, setiap agama manapun tidak membenarkan perbuatan bohong termasuk juga islam. Berbagai bentuk kebohongan adalah bohong, tidak hanya dibenci manusia tapi juga Allah.

Berkata tidak jujur dapat merugikan banyak pihak termasuk diri sendiri, karena sekali berbohong maka akan muncul kebohongan lainnya. Sekali berbuat bohong maka akan terlibat dalam lingkaran setan untuk terus berbohong lagi dan lagi.

2. Mengingkari Janji

Ciri manusia munafik dalam hadits lainnya adalah bersikap ingkar janji, orang yang tidak menepati janji atau perkataannya tidak bisa dipegang sama sekali. Hal ini akan membuat seseorang sulit menaruh kepercayaan.

Selain itu dengan ingkar janji dapat merugikan orang lain, janji adalah sumpah dan harus ditepati bukan hanya omongan belaka. Jika sudah berjanji maka wajib baginya untuk menepati, tapi jika ingkar maka tergolong sebagai orang-orang yang munafik.

Apabila merasa tidak yakin bisa menepatinya maka lebih baik tidak berjanji. Seperti yang terdapat dalam surah An-Nahl ayat 91.

3. Khianat

6 Ciri Manusia Munafik dalam Islam, Harus Waspada!
(Bohong; ciri orang munafik)

Selain sikap ingkar janji, ciri munafik lainnya yakni berkhianat. Merupakan sebuah sikap tercela yang masuk dalam golongan orang munafik. Yakni orang-orang yang berkhianat atau menghancurkan kepercayaan orang yang sudah mempercayainya sepenuhnya.

Orang dengan sifat ini tidak bisa diberi amanah atau amanat, karena justru akan melakukan perbuatan sebaliknya. Misalnya seseorang memberi kepercayaan untuk  menjaga rumah tapi yang diberi amanah justru malah merampoknya.

4. Malas Saat Beribadah

Ciri manusia munafik yang terakhir adalah kecenderungan atau merasa malas saat melakukan ibadah kepada Allah. Ibadah seperti melaksanakan sholat, puasa atau yang wajib lainnya.

Atau saat membantu orang lain harusnya demi mendapatkan ridho dan pahala, justru malah tujuannya untuk meningkatkan popularitas atau citra diri sendiri. Hal ini bahkan langsung dibahas melalui surah An-Nisa ayat 142.

Ciri manusia munafik di dalam batinnya seringkali menganggap ibadah adalah sebuah beban yang berat. Padahal seharusnya yang harus mendapatkan prioritas tinggi dan utama hanyalah Allah atau Sang Pencipta.

Bahayanya Munafik

Orang munafik lebih berbahaya daripada orang kafir. Kaum kafir akan menunjukan sisi ketidak sukaannya secara terus terang. Sedangkan mereka yang munafik menyatakan diri muslim tapi secara sembunyi-sembunyi memusuhi. Tampak baik tapi sebenarnya sedang berusaha mencari celah untuk menjatuhkan.

Selain itu, sikap orang munafik seringkali memiliki niat melawan jika memiliki kesempatan. Bisa muncul dalam berbagai aspek kehidupan baik itu, dalam pekerjaan, politik, agama, antar para pedagang dan lainnya.

Sifat munafik sangat berbahaya karena dapat merugikan banyak pihak, termasuk pelaku itu sendiri. Sebab nantinya kemunafikan akan terus muncul bahkan menjadi kebiasaan dalam diri sendiri.

Tingkat bahayanya juga telah Allah gambarkan melalui perbandingan ayat Al-Qur’an yang turun. Untuk mengabarkan atau menghadapi orang kafir hanya ada dua ayat, sedangkan menghadapi orang munafik Allah menurunkan 13 ayat.

Dengan perbandingan tersebut kita dapat mengetahui bagaimana berbahayanya orang-orang munafik. Dan sebagai muslim, penting membentengi diri agar tidak menjadi bagian dari golongan tersebut.

Seperti dengan selalu berkata jujur, tidak berkhianat ketika diberikan kepercayaan. Kemudian juga tidak mengingkari janji, serta selalu merasa senang dalam melaksanakan ibadah atau kebaikan.

Melalui cara tersebut ciri orang munafik tidak akan muncul dalam diri kita. Pastikan untuk berusaha menjadi orang yang baik dan tidak bermuka dua.