alam barzakh

Memahami Alam Barzakh dan 3 Kehidupan Manusia Didalamnya

Diposting pada

Alam barzakh merupakan salah satu fase hidup manusia setelah kehidupan berakhir di dunia. Semua umat muslim mempercayai adanya fase setelah kehidupan, manusia akan menghadapi masa hidup dalam alam kubur.

Memahaminya dengan baik, tentu akan membuat kita lebih yakin akan kehidupan lain setelah kematian. Serta meningkatkan keimanan kita pada Allah, menghindari perbuatan maksiat dan melaksanakan seluruh perintahnya.
alam barzakh

Maka dari itu penting mengetahui tentang alam barzakh. Terutama bagi umat muslim yang belum memahami dengan baik terkait dengan kehidupan setelah kematian dalam islam ini.

Apa Itu Alam Barzakh?

Memahami Alam Barzakh dan 3 Kehidupan Manusia Didalamnya
(pengertian alam barzakh)

Seperti sudah kita singgung sedikit sebelumnya, ini merupakan salah satu kehidupan yang terjadi setelah kematian berlangsung dalam islam. Dan tahap ini merupakan kehidupan setelah kematian yang pertama.

Dalam islam Barzakh sendiri merupakan batas antara dunia dengan akhirat, menjadi tempat persinggahan para jasad manusia hingga nanti tiba saatnya dibangkitkan kembali di hari kiamat.  Yang mana para penghuninya berada antara tepi dunia dan akhirat.

Secara etimologi Barzakh memiliki arti jarak waktu atau penghalang 2 hal serta tidak ada satupun yang sanggup melaluinya. Berdasarkan syariat islam barzakh ini merupakan tempat antara kematian dan kebangkitan. Hal ini berdasar pada surah Al Mu’minuun:  100.

Kehidupan Seorang Mukmin di Alam Barzakh

Manusia yang sudah mati tidak akan tahu kehidupan manusia yang masih tinggal di dunia. Tapi berdasarkan kisah yang ada seseorang yang mati tetap bisa merasakan langkah kaki orang yang berjalan.

Dalam salah satu riwayat hadits Rasulullah pernah menyapa orang yang mati, dan membuat Umar bertanya-tanya. Dengan lugas Rasul menjelaskan bahwa orang mati bisa mendengar tapi tidak bisa membalasnya.

Dan ketika memasuki alam barzakh manusia tidak akan mengetahui bagaimana nasib mereka ketika didalam kubur. Apakah nantinya ia akan masuk dan menjadi penghuni surga atau justru neraka.

Jika menjadi seorang penghuni surga akan terbuka baginya pintu surga, dengan hawa yang sejuk dapat dirasakan setiap sore dan pagi hari. Namun jika tergolong sebagai penghuni neraka, maka akan muncul hawa panas dari neraka tiap pagi dan sorenya.

Al-Barra bin ‘Azib menjelaskan tentang sebuah hadits panjang terkait perjalanan seseorang setelah kematian menjemput. Nantinya seorang mukmin akan meninggal dunia akan malaikat sambut dengan ceria dengan membawa kain kafan berasal dari surga.

Kemudian malaikat tersebut akan muncul duduk di atas kepala serta memerintahkan roh keluar dari jasad. Malaikat akan menyambut serta menempatkan kain kafan surga serta mengangkatnya ke langit.

Sehingga penduduk langit kalangan malaikat menyambutnya hingga sampai ke langit terakhir untuk bertemu dengan Allah. Setelahnya Allah memberikan perintah pada malaikat mencatat kitab hamba-Nya ke illiyiin dan mengembalikan roh ke alam Barzakh.

Saat roh tersebut kembali ke jasadnya maka datang malaikat Munkar dan Nakir yang bertanya pada mayat tentang; siapa tuhan, apa agama, siapa yang diutus dan yang mengajari manusia.

Tidak bisa sembarangan, hanya orang beriman saja yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Maka akan mendapatkan alas dari surga, dapat kenikmatan selama di alam kubur dengan dibukanya pintu surga, dilapangkan serta kuburnya diterangkan.

Mayat tersebut juga akan mendapat tepat baik, wajah baik serta pakaiannya memiliki aroma yang semerbak. Yang mana teman atau sahabat tersebut merupakan amal perbuatannya selama hidup.

Azab Kubur Mengerikan

Memahami Alam Barzakh dan 3 Kehidupan Manusia Didalamnya
(azab kubur)

Berbanding terbalik dengan orang mukmin, orang yang tidak beriman atau sering melakukan perbuatan maksiat mendapatkan keadaan mengerikan. Mereka akan mendapatkan azab kubur. Ibnu Taimiyah menjelaskan azab dan kenikmatan akan menimpa jiwa sekaligus.

Dalam sebuah hadits dari Ibnu Abbas menjelaskan ketika Nabi Muhammad melalui salah satu dinding Madinah atau Mekkah. Kemudian mendengar ada suara dua manusia yang sedang disiksa dalam kuburnya.

Hingga Rasulullah mengatakan keduanya disiksa karena melakukan dosa besar; pertama seorang yang bertirai dalam kencing. Dan satu lainnya berjalan sambil mencaci maki. Selain itu terdapat beberapa bentuk azab kubur selama berada di alam barzakh ini;

1. Alas Tidur dari Api Neraka

Tidak hanya merasakan hawa neraka setiap pagi dan sore, tapi juga akan diberikan alasan dari api neraka. Yakni bagi hamba-hamba yang durhaka. Allah memerintahkan pada malaikat untuk memberi alas tidur dari api neraka dan buka sebuah pintu ke neraka.

2. Diperlihatkan Neraka

Seseorang yang mendapatkan siksa kubur, pasti akan masuk neraka. Bahkan mereka akan diberi penglihatan pemandangan neraka sebelum nantinya di masukan ke dalam sana.

3. Kubur Sempit Hingga Menghimpit Tubuh dan Meremukan Tulang

Bagi yang sering melakukan perbuatan dosa, maksiat; melanggar aturan Allah dan tidak melaksanakan perintahnya akan dihimpit oleh kuburannya sendiri. Kubur akan menyempit hingga membuat tulang belulang menjadi patah serta remuk.

Selain itu di alam barzakh para pembuat dosa ini akan ditemani sosok mengerikan, dipukul dengan palu besi pada bagian wajah, serta bisa dililit oleh 77 ular.