malaikat dan tugas-tugasnya

10 Malaikat dan Tugas-tugasnya Wajib Kamu Ketahui

Diposting pada

Tidak semua orang mengetahui tentang malaikat dan tugas-tugasnya yang merupakan pengetahuan dasar sebagai seorang umat muslim. Malaikat menjadi salah satu makhluk Allah ciptakan selain manusia, iblis, tumbuhan, hewan dan alam semesta.

Berbeda dengan manusia, malaikat tidak memiliki hawa nafsu sehingga tugasnya hanya mengagungkan Allah dan bertasbih pada-Nya setiap saat. Tapi selain itu, juga terdapat tugas lainnya yang harus para malaikat lakukan.

Untuk mengetahuinya lebih jelas kamu dapat menyimak pembahasan terkait malaikat dan tugas-tugasnya melalui artikel ini.

Malaikat dan Tugas-tugasnya
malaikat dan tugas-tugasnya

Sebagai orang yang beriman kita harus yakin bahwa malaikat itu benar-benar ada. Dalam buku Menelisik Hakikat Silaturahim dari KH Nasaruddin menyebutkan jumlahnya sebenarnya ada banyak, tapi yang paling utama diketahui adalah 10 malaikat dan tugasnya;

  1. Malaikat Jibril

Memiliki tugas untuk menyampaikan dari Allah SWT dan memiliki julukan sebagai Ruhul Qudus. Nama Jibril ini termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 97-98, sering menyampaikan wahyu pada para Nabi.

  1. Malaikat Mikail

Kedua ada malaikat Mikail yang memiliki tugas untuk mengurus hujan serta tumbuhan sesuai dengan perintah Allah. Selain itu, tugas Mikail juga bertugas memberi rezeki pada manusia sesuai ketentuan dari Allah.

  1. Malaikat Israfil

Selanjutnya ada Israfil, memiliki tugas untuk meniup terompet sangkakala yang nanti akan ditiup pada hari akhir atau kiamat. Untuk jumlah tiupannya adalah 3x; tiupan pertama membuat ketakutan, kedua semua makhluk mati, dan ketiga membangkitkan semua makhluk.

  1. Malaikat Izrail

Bagian dari malaikat dan tugas-tugasnya lainnya adalah Izrail, atau lebih kita kenal sebagai malaikat pencabut nyawa. Sebenarnya nama izral tidak pernah ada dalam Al-Qur’an atau hadits shahih melainkan hanya disebut sebagai ‘malaikat maut’.

  1. Malaikat Munkar dan Nakir

Memiliki tugas memeriksa serta menanyakan manusia ketika berada dalam alam kubur terkait dengan amal perbuatannya selama hidup di dunia. Begitu juga dengan tugas yang Nakir memiliki tugas yang sama dengan Munkar.

  1. Malaikat Raqib

Tugas dari malaikat Raqib yakni mencatat perbuatan atau amal baik yang manusia kerjakan. Baik yang telah, sedang, rencana atau hendak dilakukan oleh manusia tersebut. Mengingatkan kita untuk lebih bersemangat dalam berbuat baik.

  1. Malaikat Atid

Nah, kebalikan dari malaikat Raqib, Atid mempunyai tugas untuk mencatat amal buruk yang telah manusia lakukan. Diketahui jika seseorang berbuat maksiat atau dosa, keburukannya tidak langsung malaikat atid tulis melainkan ditunggu beberapa waktu terlebih dahulu. Allah berbaik hati agar manusia mau bertaubat terlebih dahulu serta menyesali perbuatannya.

  1. Malaikat Malik

Malaikat dan tugas-tugasnya selanjutnya ada malaikat Malik, ia memiliki tugas untuk menjaga pintu neraka. Jumlahnya sangat banyak sehingga dikenal juga sebagai malaikat Zabaniyah, serta disebut sebagai pemuka para malaikat. Keberadaaan malaikat satu ini tercantum dalam surah Az-Zukhruf ayat 77.

  1. Malaikat Ridwan

Terakhir adalah malaikat Ridwan yang memiliki tugas untuk menjaga pintu surga. Meski namanya tidak tercantum secara jelas dalam Al-Qur’an serta hadits, para ulama memiliki pendapat menyebutkannya demikian. Tentang malaikat penjaga pintu surga ini terdapat dalam surah Az-Zumar ayat 73.

Mengetahui malaikat dan tugas-tugasnya dapat membuat kita merasa semakin dekat dengan Allah. Serta lebih sadar dalam mengambil langkah, tidak bisa sembarangan karena setiap orang memiliki catatannya masing-masing. Jadi pastikan untuk selalu berbuat dan menghindari perbuatan maksiat atau dosa-dosa yang merugikan diri.