mukjizat nabi Ibrahim

Mukjizat Nabi Ibrahim, Nomor 1 Tidak Terbakar Api

Diposting pada

Setiap nabi memiliki mukjizatnya sendiri, yang akan kita bahas kali ini adalah mukjizat nabi Ibrahim. Salah satu nabi serta rasul yang Allah karuniakan keajaiban yang tidak masuk dalam akal manusia.

Mengetahui kisah tersebut juga dapat kamu ceritakan kembali terutama pada anak-anak agar bisa mengenal agama islam sejak dini. Nilai-nilai teladan dalam kisah tersebut bisa kita jadikan sebagai pelajaran berharga dan menjadi contoh yang baik.

Begitu juga dalam kisah mukjizat nabi Ibrahim akan kita bahas kali ini. Ada cukup banyak mukjizatnya, tapi yang akan dibahas melalui artikel ini hanya beberapa kisah menarik dan umum diketahui.

Mukjizat Nabi Ibrahim

mukjizat nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim sendiri memiliki gelar sebagai Khalilullah yang berarti kekasih Allah serta mendapatkan julukan sebagai Abul Anbiya atau bapaknya para nabi. Ia memiliki sikap tabah yang luar biasa sehingga tergolong dalam Rasul Ulul Azmi. Untuk mukjizatnya adalah sebagai berikut;

1. Tidak Hangus Meski Terbakar Api

Sebagai salah satu mukjizat luar biasa yang Allah karuniakan pada nabi Ibrahim yang umum sekali diketahui adalah tidak hangus terbakar oleh api. Yang mana pada masa itu, terdapat seorang raja bernama Namrud, ia mengaku sebagai Tuhan juga menyekutukan Allah dengan berhala.

Karena melihat hal tersebut, nabi Ibrahim menghancurkan semua patung berhala dan hanya menyisakan satu patung. Melihat hal tersebut Namrud marah besar serta mengatakan nabi Ibrahim yang menghancurkannya.

Dengan kecerdasannya nabi Ibrahim menjawab bahwa yang menghancurkan adalah patung paling besar. Namrud tahu hal itu tidak mungkin terjadi, dan menyuruh pasukannya untuk membakar nabi Ibrahim hidup-hidup. Nabi pun berdoa pada Allah untuk meminta pertolongan dan luar biasanya setelah itu tubuhnya tetap utuh tidak terbakar sedikitpun.

2. Mengeluarkan Madu dari Jari-jari

Selain mukjizat nabi Ibrahim yang tidak mempan terbakar oleh api, kisah menarik lainnya terjadi ketika nabi mampu mengeluarkan madu dari jari-jarinya. Hal ini terjadi ketika beliau baru saja lahir ke dunia.

Bermula dari seorang peramal yang menyebutkan pada Namrud akan hadir seorang anak laki-laki dan menyebabkannya binasa. Karena kabar tersebut semua bayi laki-laki yang lahir pada tahun tersebut dibunuh.

Karena tahu hal tersebut, ibu nabi Ibrahim melarikan dan melahirkan di gua. Ketika pergi dari gua dan meninggalkannya ke rumah, ibu ibrahim melihat anaknya tengah menghisap jarinya yang mengeluarkan madu.

3. Menghidupkan Makhluk yang Mati

Tidak kalah mengejutkan dari mukjizat nabi Ibrahim sebelumnya, ia juga mampu menghidupkan kembali makhluk hidup yang sebelumnya sudah mati. Ketika itu ia memohon kepada Allah untuk diperlihatkan bagaimana menghidupkan orang mati.

Tujuannya agar ia bisa merasa lebih dekat dengan Allah, karena ia merupakan orang yang sabar serta patuh kepada Allah, maka dikabulkan keinginannya tersebut. Sesuai dalam surah Al-Baqarah ayat 260.

Nabi Ibrahim mematuhi perintah Allah untuk mencincang burung dan meletakkannya di puncak bukit, setelah itu Allah menyuruhnya untuk memanggil burung tersebut. Atas kuasa Allah burung tersebut terbang kembali bahkan terbang di atas bukti dan menuju pada Ibrahim.

Selain beberapa mukjizat nabi Ibrahim tersebut, masih banyak mukjizat lainnya. Seperti mengubah pasir menjadi makanan, setelah ia menentang perkataan Namrud dan menolak menyebutnya sebagai tuhan. Bukan hanya itu saja, nabi Ibrahim juga menjadi orang pertama yang membangun ka’bah, kiblat umat muslim dalam beribadah saat ini.